6 Fakultas Kedokteran Terbaik di Jakarta

Fakultas Kedokteran di Jakarta ialah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi dokter. Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia tentu saja memiliki kampus kedokteran yang berkualitas. Jadi tidak heran banyak yang orang yang ingin kuliah di Jakarta.

Jakarta memiliki beberapa kampus terbaik. Mulai dari kampus paling ternama yaitu UI dan kampus swasta seperti Trisakti. Mulai lah mempersiapkan diri Anda sebaik mungkin dikarenakan masuk ke Universitas di Jakarta tentu saja saingannya akan banyak.

Ibukota Indonesia ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan tempat wisata yang melimpah seperti Ancol, Monas, dll. Jangan khawatir jika Anda merasa bosan belajar, dikarenakan di Jakarta biasanya diadakannya konser yang Anda dapat kunjungi dan memiliki kuliner yang khas. Disini kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi rekomendasi buat Anda.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran?
Sebelum Anda mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, ada beberapa syarat yang harus wajib Anda miliki, hal ini akan membantu Anda dalam proses belajar mengajar selama kuliah kedokteran. Adapun syarat seperti pintar dalam pelajaran Biologi, Memiliki keahlian dalam Bahasa Inggirs, dan beberapa syarat lainnya. Kami telah membuat Artikel tentang Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran disini.

Berapa Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran?
Agar dapat masuk di Fakultas Kedokteran harus menentukan kampus mana yang sesuai dengan nilai UTBK yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan setiap Fakultas Kedokteran memiliki nilai minimal yang berbeda-beda. Kami telah membuat Artikel tentang Daftar Universitas Dengan Nilai Minimal Fakultas Kedokteran disini.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran?

Menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang cukup lama, diperkirakan waktu yang dibutuhkan selama 6 Tahun. Hal tersebut sudah termasuk masa pre-klinis 4 tahun dan klinis 2 tahun. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan Ujian UKMPPD dan Pengabdian (Internship).

Apakah Harus Mengikuti Bimbel Kedokteran?
Agar dapat diterima di Fakultas Kedokteran yang diingkan tentu saja tidak mudah, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti ujian SBMPTN ataupun Ujian Mandiri di Fakultas Kedokteran pilihan masing-masing. Jika Anda bingung harus belajar apa, Anda dapat mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan masuk FK sehinga hasil yang didapat lebih maksimal. kami telah membuat Artikel tentang Daftar Bimbingan Belajar Kedokteran Terbaik di Indonesia disini.

Berikut Daftar 6 Fakultas Kedokteran Terbaik di Jakarta

1. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI)

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau disingkat FK UI adalah salah satu fakultas kedokteran negeri terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Hal ini dikarenakan FK UI telah mendapatkan Akreditasi A sehingga banyak calon mahasiswa mendaftar diri disini. Biaya yang ditawarkan FK UI berdasarkan UKT BOP-B dari Rp0 – Rp7.500.000 dan UKT BOP-P dari Rp10.000.000 – Rp20.000.000.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (FK Trisakti)

Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti atau disebut FK Trisakti merupakan fakultas kedokteran swasta di Jakarta yang patut menjadi referensi Anda kuliah Kedokteran. Tidak kalah dengan FK UI, FK Trisakti sudah mendapatkan Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no.0508/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2020. Biaya yang ditawarkan FK Trisakti sampai lulus berdasarkan golongan mulai dari Rp548.000.000 – RP598.000.000.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma (FK Gunadarma)

Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma atau disebut sebagai FK UG adalah fakultas kedokteran di Jakarta tepatnya di Kota Depok. Tujuan dari FK UG terhadap lulusan mampu memberikan layanan dan informasi kesehatan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Terbilang masih baru FK UG terus memperjuangkan Akreditasi menjadi B dalam waktu dekat sehingga tingkat pesaing disini cukup rendah untuk Anda mendaftarkan diri.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FK UAJ)

Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya atau kerap disapa FK UAJ merupakan salah satu Fakultas Kedokteran di Jakarta tepatnya di Jakarta Utara. Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no.486/SK/BAN-PT/Akred/PD/XII/2014 FK UAJ mendapatkan Akreditasi A sehingga peminat calon peserta didik menjadi tinggi. Biaya yang ditawarkan FK UAJ dari awal masuk berdasarkan golongan mulai dari Rp371.000.000 – 435.000.000.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara (FK Untar)

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara atau di singkat FK Untar adalah salah satu fakultas kedokteran di Jakarta yang dapat menjadi referensi Anda kuliah kedokteran. Hal ini dikarenakan FK Untar sudah mendapatkan Akreditas A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no.850/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PD/VIII/2015. FK Untar memiliki Visi untuk menjadi Fakultas Kedokteran yang unggul di Asia Tenggara, memiliki jiwa integritas, profesionalisme dan entepreneurial. Biaya yang ditawarkan FK Untar yaitu uang pangkal Rp350.000.000 dan biaya biaya kuliah keseluruhan untuk semester I sebesar Rp35.000.000.

6. Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah (FK UIN JKT)

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau disingkat FK UIN JKT adalah fakultas kedokteran terakhir yang kami rekomendasikan. Berlokasi di Tangerang Selatan membuat FK UIN JKT menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru. Tidak kalah dengan FK UIN JKT sudah mendapatkan Akreditasi B Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no.237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Sedangkan biaya yang ditawarkan FK UIN JKT berdasarkan golongan yaitu mulai dari Rp21.610.000 – Rp45.790.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.