7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA, Terketat di SNMPTN 2021

7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA, Terketat di SNMPTN 2021

Siswa dari IPA memiliki banyak peluang untuk masuk di jurusan kuliah yang dianggap prestisius, mulai dari Kedokteran hingga jurusan Teknik. Tak heran jika tujuh jurusan kuliah rumpun Saintek ini menjadi favorit mereka. Apa saja?
Saat mendaftar di perguruan tinggi, calon mahasiswa harus memilih program studi terlebih dahulu. Program studi merupakan bagian dari jurusan kuliah. Biasanya, dalam sebuah jurusan terdapat beberapa program studi. Tetapi, ada juga jurusan yang terdiri dari satu program studi saja. Ketentuan ini tergantung pada masing-masing perguruan tinggi.

Jurusan Kuliah Favorit Anak IPA
Berdasarkan hasil SNMPTN 2021 yang disampaikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam konferensi pers daring, Senin (22/3/2021) lalu, program studi Farmasi, Keperawatan, hingga Kedokteran menjadi favorit bagi siswa SNMPTN di bidang Saintek dengan persaingan ketat.

Selain itu, beberapa jurusan yang berada di Fakultas Teknik juga menjadi incaran para siswa. Berikut jurusan kuliah favorit mahasiswa selengkapnya:

1. Teknik Informatika
Teknik informatika di Universitas Padjadjaran menjadi program studi saintek terketat pada SNMPTN 2021. Tingkat keketatan sebesar 1.00 persen atau 1:100. Artinya, dari 100 pendaftar yang diterima hanya satu orang saja.

Selama kuliah, mahasiswa akan banyak belajar seputar teknologi komputer, seperti evaluasi perangkat lunak, sistem operasi, hingga kerja komputer. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang kecerdasan buatan hingga bahasa pemrograman. Ilmu ini tentu dibutuhkan di berbagai industri, terlebih di era digital saat ini.

2. Farmasi
Farmasi juga menjadi program studi favorit siswa SMA. Tak hanya di satu perguruan tinggi, melainkan di sejumlah perguruan tinggi. Seperti Universitas Sebelas Maret, Universitas Syiah Kuala, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, hingga Universitas Sumatera Utara.

Di Universitas Sebelas Maret, tingkat keketatan program studi Farmasi sebesar 1.10 persen atau 1:91. Artinya, dari 91 pendaftar hanya satu orang saja yang diterima. Tingginya animo ini tak lepas dari prospek karier lulusan Farmasi. Mereka dapat bekerja di sektor kesehatan hingga pendidikan.

3. Keperawatan
Tidak jauh seperti Farmasi, program studi Keperawatan juga menjadi favorit siswa SNMPTN bidang Saintek tahun 2021. Program studi ini memiliki persaingan ketat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yakni sebesar 1.25 persen atau 1:80.

Mahasiswa Keperawatan akan banyak belajar tentang ilmu sains kesehatan, dasar-dasar keperawatan, hingga berbagai jenis keperawatan, baik dari segi teori maupun teknologi yang digunakan. Prospek karier mahasiswa Keperawatan juga tidak diragukan lagi, mereka dapat terjun ke dunia kesehatan.

4. Gizi
Program studi favorit selanjutnya adalah Gizi. Di Universitas Pendidikan Indonesia, tingkat keketatan untuk program studi ini mencapai 1.43 persen atau 1:70. Persaingan ketat juga terjadi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yakni sebesar 1.66 persen atau 1:60.

Selama kuliah, mahasiswa akan banyak belajar tentang Gizi. Di semester awal, mahasiswa akan mempelajari beberapa mata kuliah umum dan gizi dasar yang meliputi antropologi gizi dan juga kuliner dasar untuk program vokasi.

Baca Juga: 3 Kriteria Tambahan Nilai PPPK Guru 2022, Bisa Plus sampai 100 Persen

5. Informatika
Program studi Informatika juga menjadi pilihan dari banyak siswa IPA. Meskipun tidak berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam, tetapi Informatika juga masuk dalam rumpun Saintek. Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, tingkat keketatan program studi Informatika mencapai 1.46 persen atau 1:68. Program studi ini tidak jauh berbeda dengan Teknik Informatika di sejumlah kampus lain.

6. Ilmu Komputer
Ilmu Komputer juga menempati daftar program studi favorit di bidang Saintek, tepatnya di Universitas Negeri Jakarta. Tingkat keketatan program studi favorit ini mencapai 1.49 persen atau 1:67.

Mahasiswa Ilmu Komputer akan belajar berbagai mata kuliah tentang pemrograman, seperti Mobile Programming, Matematika Komputasi, Metode Numerik, Data Science and Analytics, hingga Algoritma.

7. Kedokteran
Kedokteran menjadi jurusan kuliah favorit siswa IPA dari berbagai wilayah Indonesia. Sebagai jurusan yang dipandang prestisius, untuk dapat diterima di program ini juga harus melewati persaingan yang ketat. Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, persaingan Kedokteran mencapai 1.70 persen atau 1:58.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.