Tertarik Kuliah Keperawatan? Jangan Lupa Fakultas Ini Berikan Prospek Cerah Lho Ya

Tertarik Kuliah Keperawatan? Jangan Lupa Fakultas Ini Berikan Prospek Cerah Lho Ya

Di tengah perkembangan dunia kesehatan yang semakin pesat, peran dan peluang kerja tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan yang lainnya semakin menjanjikan. Khususnya tenaga perawat, kebutuhan dari tahun ke tahun masih tetap tinggi baik di pasar domestik maupun pasar internasional. Seiring perkembangan waktu tantangan untuk mempersiapkan tenaga perawat terampil semakin besar. Hal inilah yang harus disikapi secara bijak oleh dunia pendidikan dengan mempersiapkan proses pembelajaran terbaik sehingga dapat mengkader calon calon perawat yang kompeten.

Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula menyikapi perkembangan tersebut dengan positif. FIK Unissula merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi keperawatan di Semarang yang sampai saat ini telah menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional, yaitu Prodi S1 Keperawatan, Prodi Ners, dan Program Diploma III Keperawatan.

Program Studi

S1 Keperawatan

Prodi S1 Keperawatan FIK mempunyai jenjang pendidikan akademik dan program pendidikan profesi. Program akademik menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan Problem Based Learning(PBL). Tiap Modul diintegrasikan dengan muatan keislaman (Islam Disiplin Ilmu). Model pembelajaran dalam kelompok kecil  (12 orang/ kelompok) menggunakan kelas-kelas kecil. Tiap kelompok diskusi didampingi oleh seorang tutor sehingga mahasiswa akan lebih fokus dalam memahami materi pembelajaran, dalam prose diskusi tersebut mahasiswa yang berperan aktif (Student Center Learning/SCL) sehingga mahasiswa dituntut melatih kemampuan analitiknya selama proses pembelajaran. Pada tahap akademik, mahasiswa disamping mendapatkan pembelajaran KBK di kampus juga mendapatkan praktek laboratorium dan praktek klinik di berbagai rumah sakit dan Puskesmas. Sebelum Lulus tahap Akademik, mahasiswa dibekali dengan pelatihan kegawat daruratan (BTCLS) yang tersertifikasi Internasional. Tahap program profesi, mahasiswa menyelesaikan 36 SKS profesi dengan 4 SKS peminatan yang diarahkan pada peminatan yang bersertifikasi Nasional untuk memberikan bekal ketrampilan .

Baca Juga: Apa saja jalur masuk jurusan di ITB?

D3 Keperawatan

Saat ini perkuliahan yang ada disemester 1 sudah menggunakan kurikulum tahun 2013 dengan pendekatan KBK. Mulai tahun ajaran baru 2014/2015 D3 Keperawatan menerapkan KBK dengan pendekatan Problem Based Learning sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh AIPDIKI bekerjasama dengan PPNI, Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pendidikan Nasional. Kurikulum berbasis kompetensi merupakan kurikulum yang dikembangkan berdasarkan pada kemampuan atau tindakan cerdas penuh tanggung jawab dari profesi tertentu dalam melaksanakan tugasnya di tempatnya yang didasarkan pada empat pilar (The Four Pillars Of UNESCO) dimana seorang yang kompeten harus memenuhi persyaratan: (1) Landasan pengembangan kepribadian; (2) Kemampuan penguasaan Ilmu dan keterampilan (know how and know why) dan Kemampuan berkarya (know to do); (3) Kemampuan berprilaku dan berkarya sehingga mandiri menilai dan mengambil keputusan secara bertanggung jawab (to be); (4) dapat hidup bermasyarakat, saling menghormati dan menghargai nilai-nilai pluralism, dan kedamaian (to live together).

Profesi Ners

Untuk memperoleh Sarjana Keperawatan (Skep), seorang mahasiswa pada prodi Ners FIK Unissula harus menyelesaikan minimal 144 SKS yang terdiri atas mata kuliah teori, praktikum, praktik, dan praktik kerja. Akhir proses pembelajaran mahasiswa membuat skripsi.

Keunggulan

  • Fakultas Ilmu Keperawatanterdiri dari dua prodi yaitu S1 Keperawatan dan D3 Keperawatan, masing-masing memiliki keunggulan yang spesifik
  • Program Studi S1 Keperawatan memiliki keunggulan yaitu menghasilkan ners profesional yang berakhlak mulia dengan kespesifikan di area Kegawatdaruratan.
  • Program Studi D3 Keperawatan menghasilkan perawat vokasional yang kompeten dengan kespesifikan keperawatan medikal bedah.
  • Kompetensi lulusan diperkuat dengan pelatihan-pelatihan keahlian khusus yang sangat dibutuhkan oleh stakeholder.

Fasilitas

  • Laboratorium dengan konsep mini hospital, memiliki teaching hospital dalam pengelolaan satu yayasan dengan tipe rumah sakit pendidikan serta kerjasama dengan institusi lain terkait sebagai lahan praktik
  • Kelas yang representatif untuk perkuliahan dengan pendekatan PBL (kelas dengan kelompok-kelompok kecil/Small Group Discussion) dan kuliah pakar
  • Seluruh area di Fakultas Ilmu Keperawatan ditunjang dengan jaringan internet (Hot Spot area) yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika
  • Laboratorium yang lengkap, di antaranya: Lab Keperawatan Jiwa, Lab Keperawatan Komunitas, Lab Keperawatan Anak, Lab Keperawatan Maternitas, Lab KDM, Lab Anatomi dan Fisiologi, Lab Komputer, Lab Bahasa
  • Perpustakaan lengkap

Prestasi

Para Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula berhasil mencatatkan berbagai prestasi gemilang selama tahun 2018, pretasi tersebut antara lain:

  • Juara III Olimpiade Nasional Keperawatan, di UNISA Yogyakarta, 5 Mei
  • Juara II Poster dan juara III KTI Nasional di Tanjungpura 11-14 Mei, Elvi Khofshoh, Kamelia Awali, Ahmad Wahyu Ubaidillah, Elsa Nur Aviana dan Dwi Eni Kurniwati
  • Mendapat pengakuan sebagai terbaik regional, rerata terbaik IV nasional, peningkatan presentase lulusan terbaik ke II nasional dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia, AIPNI-AINEC Padang 22-24 Oktober
  • Juara I Asuhan Keperawatan Nasional, Universitas A Yani Yogyakarta, 10 November, Ovisca Abdilla Zisti, Elsa Nur Afiana dan Nugroho Kukuh

Kerjasama

FIK memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, seperti University of the Philippines Manila, Ramon Magsaysay University Manila, UNTAS (Tasmania), Dongseo University Korea, Naresuan University Thailand, Rotterdam University Belanda.

FIK Unissula juga bekerjasama dengan berbagai Rumah Sakit sebagai mitra untuk penempatan praktek mahasiswa dan penyaluran tenaga profesi. Di antaranya: RS Islam Sultan Agung, RS Internasional Awal Bross Batam, RS Internasional Awal Bross Pekanbaru, RS Internasional Awal Bross Panam, RS Dr. Adyathma , MPh, RS. Kota Semarang, RSUD Ungaran, RSUD Salatiga, RSUD Ambarawa, RSUD Salatiga, RSUD Demak, RSUD Kudus, RSUD Kendal, RSI Kendal, RSJ Amino Gondoutomo, RS Keluarga Sehat Pati, RS Qolbun Insan Mulia (QIM) Batang, RSU Islam Harapan Anda Tegal, RS PKU Muhammadiyah Cepu, URESOS Pucang Gading, Puskesmas Mangkang, Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Genuk, Puskesmas Bandar Harjo, Puskesmas Srondol, DKK Semarang.

Prospek Lulusan

Prodi S1 Keperawatan:

Lulusan prodi S1 Keperawatan mempunyai peluang bekerja di dalam negeri dan beberapa RS berstandarInternasional, seperti: RS JIH Jogja, RS Internasional Awal BrossBatam dan Pekanbaru, selain itu juga bekerja di Luar Negeri seperti MMC (Mekkah Medical Center) dan RSQatar.Masa tunggu dalam memperoleh pekerjaan bagi lulusan relatif pendek, berdasarkan penelusuran alumni sampai angkatan ke-4 sudah terserap/mendapatkan pekerjaan sekitar 85% dan pekerjaan lulusan sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki.

D3 Keperawatan:

Lulusan prodi D3Keperawatan masih banyak dibutuhkan oleh stakeholder, karena tenaga keperawatan terdiri dari perawat vokasional (lulusan D3 Keperawatan) dan perawat profesional (lulusan S1, S2 maupun S3 Keperawatan). Seperti halnya lulusan S1 Keperawatan, lulusan D3 Keperawatan juga mempunyai peluang bekerja di Luar Negeri (Internasional) berdasarkan penelusuran alumni tercatat bahwa banyak alumni D3 Keperawatan yang bekerja di RS di Negara-negara Timur Tengah seperti di Abudhabi, Qatar, Mesir dan lainnya.

Info Pendaftaran

Mari bergabung dengan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula dengan mendaftar segera secara online di www.pmb.unissula.ac.id dan datang langsung ke kampus Unissula Jln Raya Kaligawe KM 4 Semarang setiap hari kerja Senin – Jumat jam 08.30-15.00, Sabtu jam 08.30 -12.00 informasi lebih lanjut hotline 081 220 220 62. Jangan lupa daftar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.