6 Daerah Terpencil di Indonesia dalam “Pendidikan” Lengkap

Indonesia sebagai negara berkembang tentusaja masih memiliki semumlah permasalahan-permasalahan yang sangat signifikan, permasalahan yang dialami negara berkembang salah satunya adalah Pendidikan, termasuk juga di Indonesia dimana wilayah terpencil di Indonesia ini masih tergolong tertinggal pendidikannya. Dimana Daerah Terpencil di Indonesia?, berikut inilah jawabannya.
 
 
 

Daerah Terpencil di Indonesia

 
Dalam hal pendidikan, beberapa wilayah di Indonesia ini memiki ketertinggalan, yang utamanya berada di seluruh Pulau di Indonesia, baik Pulau Jawa ataupun Pulau Sumatra. Dan berikut inilah data terbaru mengenai daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia.
 
Papua
 
Papua yang rencananya memiliki 4 Provinsi, dan sampai saat ini di sahkan menjadi dua Provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat menjadi sala satu daerah terpencil di Indonesia, daerah di Papua ini yang tergolong tertinggal adalah masalah pendidikan, dimana pendidikan disana masih kalah dengan pendidikan di wialayah Indonesia lain, bahkan untuk jumlah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dipapua masih sangat jarang keberadannya.
 
Nusa Tenggara Barat
 
NTB menjadi salah sau wilayah terpencil di Indonesia yang tertinggal dalam perkembangan pendidikan, dimana di NTB ini menjadi salah satu wilayah Indonesia Bagian Timur yang sampai saat ini sekitar 417.991 masyarakat di NTB mengelami masalah dalam pendidikan, yakni “Buta Aksara”
 
Nusa Tenggara Timur
 
Daerah terpencil di Indonesia yang selanjutnya masih berada di wilayah Nusa Tenggara, salah satunya adalah NTT yang sampai saat ini wilayah di NTT masih tertinggal pendidikannnya di Indonesia, bahkan sekitar 44,63 % guru yang ada di NTT masih ijazahnya SMA.
 
Provinsi Banten
 
Wilayah atau daerah terpencil selanjutnya yang pertama di Palau Jawa adalah wilayah yang ada di Banten. Wilayah ini memang masih baru terpisah dari Provinsi Jawa Barat dan merupakan daerah tertinggal pendidikannnya diantara Provinsi yang ad di Jawa. Ketertinggalan yang dialami Provinsi Banten salah satuanya beradasarkan data yang ada 90 % masyarakat Banten yang usainya 19 sampai dengan 24 Tahun tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan dana.
 
Provinsi Aceh
 
Provinsi Aceh adalah salah satu Provinsi yang terus melakukan pembangunan, baik pembangunan infatruktur ataupun pembangunan lainnya. Akan tetapi Provinsi Paling Barat di Indonesia ini menajdi salah satu langganan daftar rapor merah yang pendidikan tertinggal dari wilayah-wilayah di Indonesia.
 
Provinsi Kalimatan Timur
 
Provinsi Kaltim adaah salah satu wialayah di Indonesia yang menggalami ketertinggalan dalam hal pendidikan, wilayah ini memang memiliki luas daerah yang lebih besar daripada Luas Daerah atau Provins di Pulau Kaliamantan, dan sampai saat inilahlah Wilayah Kaltim terus menerus melakukan pembangunan, utamanya dalam hal pendidikan.
 
Demikianlah setidaknya informasi mengenai Daerah Terpencil di Indonesia yang kami sorit dalam kualitas pendidannya. Semoga upaya pemerintah dalam membangunan wilayah di Indonesia yang tertinggal ini terus berhasil, salah satunya dengan adanya Program SM3T yang dibuka setiap tahunnya. Trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.